Menu Atas

Iklan

iklan

Kapsul Berisi Telur Cacing Bisa Sembuhkan Autis?

Sayabanak
Jumat, 25 Januari 2013 | 15.36.00 WIB Last Updated 2013-01-25T08:36:18Z
ilustrasi.

SAYABANAK - Cacing parasit biasanya akan menyebabkan gangguan kesehatan bila masuk ke tubuh manusia. Namun dalam penelitian terbaru, telur cacing tersebut malah sengaja ditelan dalam bentuk kapsul. Tujuannya untuk menyembuhkan gangguan autis.

Bukan sembarang autis yang bisa disembuhkan dengan terapi terbaru ini. Dr Eric Hollander dari Montefiore Medical Center yang melakukan penelitian ini baru mengamati kemanjurannya pada autisme yang berhubungan dengan gangguan autoimun yang diwariskan.

Pada beberapa pasien autis dengan gangguan ini, Dr Hollander memberikan sebutir kapsul berisi 2.500 telur cacing gelang atau Trichuris suis ova (TSO). Kapsul tersebut tidak perlu diminum setiap hari, cukup diberikan sebanyak 1 kali setiap 2 pekan.

"TSO adalah penghantar obat alami yang bisa mengurangi respons radang dan mengurangi penyebabnya yakni sitokinin. Ini berhubungan dengan gejala tertentu yang kita lihat pada gangguan autisme," kata Dr Hollander seperti dikutip dari Foxnews, Rabu (23/1/2013).

Memasuki pekan kedelapan, Dr Hollander mengamati adanya perbaikan pada perilaku para pasien. Gejala autisme mereda dan pada pekan kesepuluh, dikatakan hilang sama sekali. Ketika pemberian kapsul dilanjutkan hingga 15 bulan, pasien tidak mengalami kekambuhan.

Namun karena belum mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA), obat ini belum dianjurkan untuk dikonsumsi tanpa pengawasan dokter. Kapsulnya sendiri sudah bisa dibeli secara online atau membeli langsung di negara tertentu.

Paparan parasit memang sudah sejak lama dikaitkan dengan sistem imun atau daya tahan tubuh. Mudahnya, pada zaman dahulu manusia jarang terkena penyakit meskipun jarang mandi. Zaman sekarang, kebersihan sangat terjaga tapi justru makin banyak penyakit.

sumber
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapsul Berisi Telur Cacing Bisa Sembuhkan Autis?

Tag Terpopuler

Iklan

iklan