Menu Atas

Iklan

iklan

Lagu dan Tayangan Orang Dewasa Berdampak pada Psikis Anak

Sayabanak
Minggu, 15 Februari 2015 | 17.37.00 WIB Last Updated 2015-02-15T10:37:12Z

SAYBANYAK - Saat ini, lagu atau tayangan di televisi yang ditujukan untukorang dewasa pun dikonsumsi oleh anak-anak. Jika si kecil terus menerus melakukan hal itu, akan timbul pula dampak bagi kondisi psikologisnya.

Seperti penuturan psikolg klinis Sandy Kartasasmita, dampak secara psikologis pada anak yang kerapkali menonton film percintaan terletak pada belum siapnya anak tersebut untuk menangkap informasi yang ia dapatkan. Padahal, secara perkembangan, anak usia di bawah lima tahun memiliki tugas perkembangan sendiri.

"Bukannya melihat adegan percintaan dalam sinetron seperti yang sering ditayangkan di TV. Pada dasarnya, anak akan mudah melakukan sesuatu seperti apa yang mereka lihat karena konsep modelling atau meniru sangat kuat di benak anak-anak," tutur Sandy ketika berbincang dan dilansir Detik pada Minggu (15/2/2015).

Pengajar di Universitas Tarumanagara ini menambahkan, mendengar bahkan menyanyikan lagu orang dewasa pun akan berdampak kurang baik terhadap perkembangan mental anak. Sebab, dengan menyanyikan lagu orang dewasa, anak akan belajar dan meyakini bahwa apa yang diucapkannya tersebut adalah satu kebenaran.

Apabila anak sudah terlanjur menonton sinteron percintaan atau menyanyikan lagu dewasa, menurut Sandy orang tua perlu memberikan penjelasan sesuai dengan kapasitas perkembangan anak-anak. Misalnya menjelaskan pada si kecil apa itu cinta dan apa yang membuat orang harus mencintai orang lain atau sesama.

"Arahkan anak kepada hal yang positif.Kemudian, perlahan arahkan anak untuk tidak lagi menonton sinetron atau menyanyikan lagu dewasa," kata Sandy.

Haruskan orangtua melarang? "Bukan melarang, akan tetapi arahkan untuk menonton film yang sesuai dengan perkembangan mental anak tersebut," pungkasnya. (*)

 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lagu dan Tayangan Orang Dewasa Berdampak pada Psikis Anak

Tag Terpopuler

Iklan

iklan