Menu Atas

Iklan

iklan

Ortu Sibuk dengan Gadget, Anak Rentan Terpisah saat Jalan

Admin
Minggu, 04 Januari 2015 | 14.19.00 WIB Last Updated 2015-01-04T07:19:59Z

SAYBANYAK - Hendak jalan-jalan di liburan awal tahun bersama anak-anak? Jika iya, upayakan untuk tidak sibuk dengan gadget Anda. Sebab saat Anda sibuk dengan gadget, perhatian menjadi tidak terfokus. Akibatnya anak rentan terpisah saat sedang jalan-jalan.

"Orang tua jangan sibuk dengan gadget. Nanti kalau orang tua sibuk dengan gadget tidak bisa memantau anak dan saat anak terbawa arus keramaian orang tua menjadi tidak tahu kemana anaknya hilang," ujar psikolog Naomi Soetikno, yang ditulis pada Jumat (2/1/2015).

Selain itu, orang tua hendaknya tetap bersama dengan anak, sekalipun mereka pergi ke toilet. Dengan membiarkan anak kecil ke toilet sendirian, hal itu rentan membuat mereka tersesat akibat terbawa arus keramaian.

"Upayakan orang tua bepergian bersama baik ayah bersama ibu sehingga salah satu dapat saling menjaga dan mengingatkan. Misalnya suami dan istri bergantian menjaga anak. Saat istri sedang belanja, mungkin suami bisa menemani anak untuk bermain sekalian mengawasi anak," imbuh Naomi, seperti dilansir detik.com.

Ada baiknya juga saat berjalan-jalan di keramaian anak dan orang tua saling bergandengan tangan. Sebagai upaya antisipasi, selalu tanamkan pada anak agar mencari satpam atau polisi apabila mereka terpisah dari orang tua.

"Siapkan di kantung baju atau tas anak kartu nama dari orang tua, sehingga kalau anak hilang nanti anak tahu bisa lapor ke siapa," kata Naomi memberi tips. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ortu Sibuk dengan Gadget, Anak Rentan Terpisah saat Jalan

Tag Terpopuler

Iklan

iklan