Menu Atas

Iklan

iklan

Awas! Jangan Sentuh Bayi Sebelum Cuci Tangan

Admin
Selasa, 27 Januari 2015 | 15.55.00 WIB Last Updated 2015-01-27T08:55:51Z

SAYBANYAK -
Bayi memang selalu lucu dan menggemaskan. Inilah mengapa setiap orang tergoda untuk menyentuh pipinya, menggenggam jemari tangannya, atau mengulurkan tangan untuk menggendongnya.

Sebelum ada yang melakukan hal itu pada bayi Anda atau sebelum Anda berniat melakukannya pada si kecil ataupun bayi orang lain, pastikan satu hal. Cuci tanganlah.

Sebuah studi di Nepal, seperti dikutip dari Parentsindonesia dan Republika, Selasa (27/1/2015) yang dilakukan para peneliti Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa risiko kematian pada kelompok bayi yang baru lahir di Nepal menurun sebanyak 19 persen saat tenaga medis yang menolong ibu melahirkan mencuci tangan sebelum persalinan.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Archives of Peciatric and Adolescent Medicine di Juli 2008 ini juga menyatakan bahwa risiko kematian menurun sampai dengan 44 persen jika para ibu mencuci tangan sebelum menggendong bayinya.

Anda akan dimaklumi jika meminta tamu dengan sopan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh si kecil. Ajarkan juga si kakak mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum bermain dan menyentuh adiknya.

Biasakan dia mencuci tangan selama kira-kira sama dengan menyanyikan dua kali lagu 'Selamat Ulang Tahun'. Anda juga bisa menugaskan sang kakak untuk menjadi pengawas cilik yang mengantar tamu yang ingin menggendong adiknya ke tempat cuci tangan lebih dulu. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Awas! Jangan Sentuh Bayi Sebelum Cuci Tangan

Tag Terpopuler

Iklan

iklan