Menu Atas

Iklan

iklan

Hindari Aktivitas Berisiko Ini Saat Hamil

Admin
Senin, 27 Mei 2013 | 05.18.00 WIB Last Updated 2013-05-26T22:18:22Z
Shakira dan Gerard Pique
SAYABANAK - Saat hamil, ada berbagai pantangan yang harus dijauhi para ibu. Dengan keadaan fisik yang berubah, tidak semua hal bisa dijalani lagi. Agar kehamilan sehat Anda tetap terjaga, perhatikan daftar beberapa kegiatan yang harus dihindari.

Seperti dikutip dari Boldsky, Senin (13/5/2013), berikut ini beberapa kegiatan berisiko yang harus dihindari selama kehamilan:

1. Mengenakan Hak Tinggi

Sebenarnya memakai sepatu hak tinggi tidak dilarang selama kehamilan, tetapi akan membuat Anda sangat tidak nyaman. Bagaimana tidak, peningkatan berat tubuh terkonsentrasi di satu titik, yakni di tumit Anda. Jika Anda kukuh mengenakan hak tinggi selama kehamilan, bisa saja Anda mengalami sakit punggung.

2. Memindah-mindahkan Furniture di Rumah

Beres-beres rumah, seperti memindahkan aneka furnitur merupakan kegiatan normal. Namun setelah kehamilan Anda mencapai usia trimester pertama, lebih baik hindarilah. Sebab kegiata ini akan memberikan tekanan pada punggung yang sudah tegang.

3. Menggendong Balita

Jika ini kehamilan kedua, maka Anda harus menjaga anak pertama Anda yang mungkin usianya masih balita. Nah, hindari untuk menggendong balita Anda ya. Apalagi jika beratnya lebih dari 5 kg sebab akan meningkatkan tekanan pada punggung dan plasenta.

4. Skating

Banyak orang menggunakan skating sebagai cara untuk berolahraga. Tapi ketika Anda sedang hamil, Anda harus menghindari aktivitas yang membutuhkan keseimbangan seperti skating. Sebab selama kehamilan dapat membuat Anda sedikit tidak seimbang.

5. Sauna

Sauna atau mandi uap jangan pernah dilakukan saat hamil. Sebab ketika tubuh Anda memanas, darah diarahkan ke kulit untuk menenangkan diri. Ini berarti bayi Anda akan kekurangan aliran darah.

6. Olahraga Terlalu Berat

Jika Anda melakukan olahraga yang terlalu berat pada saat sedang hamil, maka detak jantung akan meningkat. Artinya suplai darah ke plasenta berkurang sehingga akan membuat peluang terjadinya peningkatan tekanan darah.

7. Donor Darah

Memang belum ada efek samping yang dicatat terkait aktivitas menyumbangkan darah selama kehamilan. Namun dengan mendonorkan darah berarti zat besi akan terkuras dari tubuh. Itulah sebabnya sesuai aturan WHO, wanita hamil dilarang donor darah.

8. Menikmati Wahana di Taman Bermain

Saat hamil, Anda bisa saja pergi ke taman bermain untuk menghibur diri. Tapi ingat, jangan mencoba wahana yang ada, terutama wahana seperti roller coaster, balap mobil, dan lainnya yang sangat berbahaya bagi wanita hamil.

9. Menunggang Kuda

Menunggang kuda adalah gerakan bergelombang secara konstan. Kegiatan ini tidak layak untuk ibu hamil. Selain itu ada kemungkinan kecelakaan yang dapat mengakibatkan gangguan plasenta atau keguguran.

10. Menghadiri Konser Musik Rock


Saat hamil, tahan dirilah untuk tidak menghadiri konser musik rock. Sebab bisa jadi kegiatan tersebut dipenuhi banyak orang dan saling berdesak-desakan. Tidak mungkin kan Anda terus menerus memberi tahu pengunjung konser lainnya bahwa Anda sedang hamil? Selain itu janin dalam rahim Anda bisa mendengar suara setelah berusia 22 pekan, nah suara keras yang memekakkan telinga tentu tidak baik baginya.

sumber
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hindari Aktivitas Berisiko Ini Saat Hamil

Tag Terpopuler

Iklan

iklan