Menu Atas

Iklan

iklan

Suara TV yang Tidak Ditonton Bisa Bikin Anak Hiperaktif

Rabu, 10 Oktober 2012 | 14.52.00 WIB Last Updated 2012-10-10T07:52:53Z

SAYBANAK - Demi perkembangan mental anak, sebaiknya jangan cuma membatasi kesempatan anak nonton TV. Batasi juga kesempatan orangtua nonton TV di dekat anak meski anaknya tidak ikut menonton, sebab suaranya tetap bisa bikin anak jadi hiperaktif.

Meski tidak menonton TV, anak tetap bisa mendengar suaranya jika ada orangtua atau kakaknya yang sedang menonton. Suara dari TV yang tidak ditonton secara langsung ini dalam istilah medis disebut background-TV dan diyakini sangat mempengaruhi kesehatan mental.

Gara-gara mendengarkan bacground-TV inilah, banyak anak-anak dalam pertumbuhannya mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Ciri-cirinya antara lain jadi lebih hiperaktif dan susah menjaga pikiran tetap fokus pada satu kegiatan saja.

Penelitian terbaru di University of Amsterdam menegaskan hal itu lewat sebuah eksperimen pada anak. Saat diperdengarkan sebuah tayangan TV di ruang sebelah, anak-anak cenderung lebih cepat bosan lalu beralih dari satu aktivitas ke aktivitas yang lain.

Oleh karena itu para peneliti menyarankan, sebaiknya bukan hanya anak yang harus dibatasi aktivitas menonton TV-nya. Orangtua dan anggota keluarga lain yang lebih dewasa, sebaiknya juga tidak sembarangan menyetel TV keras-keras kalau ada anak-anak di sekitarnya.

"Langkah pertama, jika ada TV menyala tetapi tidak ditonton maka sebaiknya dimatikan saja," kata Jessica Taylor Piotrowski, PhD yang melakukan penelitian ini seperti dikutip dari Medicinenet, Selasa (2/10/2012).

Dampak background-TV terhadap perkembangan mental anak sebenarnya bukan kali ini saja diungkap. Sebelumnya, penelitian di University of New Mexico juga menyimpulkan hal yang sama dan yang lebih mengejutkan menurut penelitian itu, anak-anak terpapar background-TV selama rata-rata 4 jam/hari.
 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Suara TV yang Tidak Ditonton Bisa Bikin Anak Hiperaktif

Tag Terpopuler

Iklan

iklan